BIMTEK PEMBIAYAAN UNTUK START UP

Tulungagung, 22 Oktober 2021. Inkubasi Bisnis dan Teknologi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung mengadakan sebuah acara diperuntukkan khususnya bagi para calon alumni jurusan Manajemen Bisnis Syariah dan umumnya bagi kalangan civitas akademika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Acara ini terdiri dari 2 hari. Masing-masing hari kegiatan dalam acara ini diisi oleh dua orang narasumber. Pada hari pertama, Senin tanggal 11 Oktober 2021, narasumber yang dihadirkan adalah David Primadhani Hendrawan (selaku CEO Samchick) dan Nur Awan, S.E., M.Sy. (selaku Relation Manager BRI Tulungagung). Pengalaman dan kisah narasumber sangat penting dibagikan melihatnya jabatan dan pencapaiannya saat ini.

Pada hari kedua, narasumber yang hadir tidak kalah pentingnya. Ketika hari pertama mahasiswa telah bertemu narasumber dengan latar belakang praktisi, maka pada kesempatan kali ini (Kamis tanggal 21 Oktober 2021) narasumber yang diundang berasal dari latar belakang pemangku kebijakan atau pemerintah. Mereka adalah Fauziah, S.E., M.M. dan Sutarto, S.E., M.Si.. Narasumber pertama sebagai dosen Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang dan narasumber kedua sebagai Kepala Seksi Pembiayaan dan Jasa Keuangan Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Jawa Timur.

Narasumber Fauziah, S.E., M.M. menjelaskan bahwa asal pembiayaan untuk start up bermacam-macam. Tetapi secara umum beliau membagi sumber dana start up berasal dari  dalam (internal) atau dari luar (eksternal). Sumber internal dibagi lagi menjadi dua macam: modal sendiri dan laba. Sedangkan modal eksternal dipecah menjadi dua bagian: pembiayaan investor dan pinjaman.

Dokumentasi lengkap acara ini dapat dilihat pada channel INKUBATOR BISNIS IAIN TULUNGAGUNG.