Yudisium FEBI ke-14 Tahun Akademik 2021/2022

Tulungagung, 4 Maret2022. Jumat ini, kru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam bersemangat untuk datang ke kampus karena hari ini adalah hari yang berbahagia terutama bagi 691 calon wisudawan dari fakultas ini. Kami berkumpul di lantai 6 Gedung Arief Mustaqim pukul 13.00 WIB. Siang ini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sayyid Ali Rahmatullah (SATU) Tulungagung mengadakan yudisium bagi calon wisudawan yang akan diwisuda pada Wisuda Drivethru UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dari 6 program studi (prodi) yang ada pada fakultas ini. Enam prodi tersebut adalah Prodi Perbankan Syariah, Prodi Ekonomi Syariah, Prodi Akuntansi Syariah, Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf, Prodi Manajemen Keuangan Syariah, dan Prodi Manajemen Bisnis Syariah.

Prodi Perbankan Syariah dan Prodi Ekonomi Syariah “menyumbangkan” calon wisudawan paling banyak diantara keempat prodi lainnya. Terdapat 171 calon wisudawan berasal dari prodi Perbankan Syariah, sedangkan dari prodi Ekonomi Syariah terdapat 338 calon wisudawan. Dari prodi lainnya masing-masing terdapat 98 calon wisudawan dari prodi Akuntansi Syariah, 3 calon wisudawan dari prodi Manajemen Zakat dan Wakaf, 32 calon wisudawan dari prodi Manajemen Keuangan Syariah, dan 49 calon wisudawan dari prodi Manajemen Bisnis Syariah. Jika kita lihat dari jenis kelamin calon wisudawan FEBI, calon wisudawan fakultas ini masih didominasi oleh perempuan. Secara jumlah sekitar 3 kali jumlah calon wisudawan laki-laki, tepatnya yaitu terdapat 160 calon wisudawan laki-laki dan 531 calon wisudawan perempuan.


Sebelum Dekan FEBI memberikan sambutan ada pembacaan dua SK oleh Kabag TU FEBI, Muhammad Asrori, S.Ag., M.M. SK pertama berisi nama-nama mahasiswa yang akan diyudisium. Sedangkan SK kedua menyatakan ada 18 lulusan terbaik masing-masing 3 setiap prodi yang ada di fakultas dan 1 lulusan terbaik fakultas. Lulusan terbaik fakultas pada yudisium kali ini adalah Dede Ihwan dari prodi Manajemen Bisnis Syariah, dengan IPK 3,94. Dede juga diberikan kesempatan untuk memberikan sepatah dua patah kata kepada pihak fakultas serta calon wisudawan yang lain. Dede menyampaikan rasa terimakasihnya yang amat dalam karena telah dibimbing dengan baik di fakultas ini. Bahkan karena nyamannya di FEBI dan kota Tulungagung ini, hampir saja mengalahkan kecintaannya pada kota Bekasi, asal mulanya.

Selanjutnya Dekan FEBI, Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag. mengawali sambutannya dengan sebuah kelakar yang membuat seluruh isi gedung penuh dengan senyum dan tawa. Beliau menyampaikan ketakutannya kepada MC, Mega Tunjung Hapsari. Beliau curiga nama beliau dan nama mahasiswa terbaik fakultas akan tertukar karena sama-sama berawalan dengan kata Dede. Beliau berpesan kepada seluruh calon wisudawan untuk tetap menjunjung teguh apa yang telah didapatkan dari UIN SATU Tulungagung dan tetap mengharumkan nama baik kampus ini.