Kupatan FEBI Hari Raya Idul Fitri 1443H

Tulungagung, 10 Mei 2022. Alhamdulillah Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah tahun ini (2022) terasa begitu luar biasa. Semaraknya merupakan yang paling membahana dalam 5 tahun hari raya lebaran terakhir. Salah satu penyebabnya adalah karena dicabutnya larangan dan atau pembatasan mudik oleh pemerintah yang telah diberlakukan selama dua tahun terakhir akibat pandemi yang melanda seluruh dunia. Tahun ini dapat dikatakan sebagai tahun ‘pelampiasan’. Meskipun begitu pemerintah tiada henti-hentinya terus mengingatkan bahwa seluruh masyarakat tidak boleh lengah terhadap protokol kesehatan. Waspada adalah jalan terbaik karena covid masih ada.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam pun tidak ketinggalan ikut serta merayakan hari raya Idul Fitri tahun ini dengan menyelenggarakan Kupatan FEBI. Acara ini sebenarnya adalah acara rutin fakultas yang telah lama tidak dapat dilaksanakan karena adanya pandemi. Pandemi yang melanda dua tahun terakhir seyogyanya tidak mengubah tradisi dan budaya yang telah lama dipelihara sehingga dapat meningkatkan kekhasan serta mengikat kepribadian. Walaupun begitu, pandemi di satu sisi seharusnya dapat menambah pengalaman dan khazanah kita semua dalam menghadapi kehidupan.


Tradisi kupatan ini sebenarnya merupakan tradisi yang dilaksanakan oleh setiap fakultas di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Contohnya adalah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan telah mengundang segenap kru FEBI untuk turut serta hadir dalam kupatan mereka di hari sebelumnya. Hari ini pun Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum (FASIH) yang notabene adalah tetangga dekat FEBI juga mengundang FEBI untuk hadir dalam acara kupatannya di hari Kamis nanti.


 

Kupatan FEBI kali ini diselenggarakan dengan berazaskan gotong royong. Semua kru FEBI berinisiatif dan mengisi daftar uborampe masing-masing. Berbagai menu makanan dan minuman dituliskan dalam daftar. Ada sate ayam Pak Tukri, lontong, teh kotak, lodho ayam, kerupuk, sayur lodeh, semangka, pisang, urap, tahu goreng, bothok, jus buah, jeruk, rempeyek, sayur sup, salak, hingga kue lapis pun ada. Semua ini merupakan sumbangsih dari seluruh kru FEBI meliputi dosen dan tenaga kependidikan (tendik).