FEBI UIN SATU Tulungagung Adakan Final Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Nasional

Tulungagung, 7 Juni 2022. Bertempat di Laboratorium Statistik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung, Final Kompetisi Karya Ilmiah Nasional FEBI UIN SATU Tulungagung digelar. Acara ini digelar secara daring tetapi laboratorium di atas dipakai sebagai tempat juri dan moderator dari FEBI UIN SATU Tulungagung. Acara ini merupakan penyelenggaraan kompetisi karya ilmiah yang pertama diselenggarakan untuk umum. Ada 75 artikel yang dipilih menjadi 25 artikel untuk masuk ke babak final. Artikel-artikel ini masuk setelah penjaringan selama sekitar satu setengah bulan di sela-sela liburan Idul Fitri. Ada 5 kategori bidang ilmu yang diperlombakan yaitu Perbankan Syariah, Ekonomi Syariah, Akuntansi Syariah, Manajemen Syariah, dan Pariwisata Syariah.

Walaupun acara ini hanya diselenggarakan secara daring, namun acara ini tidak kehilangan nyawanya. Diskusi-diskusi yang terjadi di ruang breakout zoom begitu hangat dan cenderung panas. Peserta diuji kemampuannya untuk menjelaskan dengan baik karya tulis yang telah dibuat. Peserta terdiri dari dosen, mahasiswa, dan praktisi.

Berikut adalah nama-nama peserta beserta judul artikel karya ilmiah yang masuk ke babak final kompetisi karya tulis ilmiah nasional ini:

Kategori Perbankan Syariah

Nama Afiliasi Judul Artikel
Cahyani Islamiah, Hawa Gazani UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung KOMPARASI CAPITAL ADEQUACY RATIO BANK MUAMALAT INDONESIA DENGAN BANK ISLAM MALAYSIA BERHAD PADA SAAT PANDEMI
Leviana Puji Yuliani, Arif Zunaidi IAIN Kediri PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT LOYALITAS & KEPUASAN PELANGGAN PT. BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KCP NGANJUK
Aurel Alvia Metha Setyoni, Arif Zunaidi IAIN Kediri ANALISIS MANAJEMEN STRATEGIS SUMBER DAYA INSANI PADA PERBANKAN SYARIAH
Ayu Rahmawati, Hasan Sultoni STAI Muhammadiyah Tulungagung IMPLEMENTASI AKAD DALAM PRODUK BANK SYARIAH
Muhammad Tsaqib Dzulqarnain, Romi Bhakti Hartarto, Wahyu Tri Wibowo Universitas Muhammadiyah Yogyakarta FAKTOR-FAKTOR PENENTU PEMBIAYAAN SYARIAH DI MASA PANDEMI: STUDI KASUS PT BPRS FORMES YOGYAKARTA

Kategori Ekonomi Syariah

Nama Afiliasi Judul Artikel
Muhammad Fauzi, Arzam, Aidil Novia, Hulwati IAIN Kerinci & UIN Imam Bonjol Padang KESEJAHTERAAN EKONOMI ISLAM: Bukti Dari Masyarakat Penerima Manfaat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Karya Dermawan Dusun Dalam
Syaif Al Haq, Kurniasih Bahagiati UIN Maulana Malik Ibrahim Malang PAJAK TERHADAP BAHAN POKOK PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH
Lida Maulida, Doli Witro UIN Sunan Gunung Djati Bandung KOMODIFIKASI ISLAM DALAM FENOMENA KELAS MENENGAH MUSLIM DI INDONESIA
Riska Alinda, Hendri Hermawan Adinugraha IAIN Pekalongan PENGARUH LOGO HALAL, KESADARAN HALAL SERTA SIKAP UNTUK KEMBALI MEMBELI PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN KEMASAN
Devi Monika Sari, M. Sulhan Zidny, Eny Susilowati Universitas Nahdlatul Ulama Blitar POLA PEMASARAN COKLAT COZY BLITAR DALAM PERSPEKTIF TRANSAKSI SYARIAH BERDASARKAN KITAB FATHUL MU’IN

Kategori Akuntansi Syariah

Nama Afiliasi Judul Artikel
Yasmin Afnan Solekha IAIN Pekalongan Analisis Dampak Penerapan PSAK 72 Pada Implikasi Pajak Perusahaan 2019-2020.
Nabilatul 'Athifah IAIN PEKALONGAN ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA AKUNTANSI SYARIAH BEKERJA DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH
Idzna Nur Shodriani, Khairina Nur Izzati STIE BPD JATENG ANALISIS PENGARUH ASPEK AKUNTANSI MANAJEMEN STRATEGIS TERHADAP KINERJA ORGANISASI PERBANKAN
Alvina Ebrianty UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, KOMITMEN ORGANISASI, DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA
Fauzatul Laily Nisa UPN Veteran Jatim STUDI EMPIRIS PENILAIAN LAPORAN KEUANGAN BANK SYARIAH DI INDONESIA BERDASARKAN STANDAR IFRS DAN AAOIFI

Kategori Manajemen Syariah

Nama Afiliasi Judul Artikel
Moch Mahsun, Nur Asnawi, Salim Al Idrus, Muhammad Djakfar, Fauzan Almanshur Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MEWUJUDKAN HALAL ENTERPRENEURSHIP DI INDONESIA
Irfan Harmoko IAIN Kediri OPTIMALISASI INDUSTRI HALAL DI INDONESIA MELALUI PENDEKATAN STRATEGIS DISTINCTIVE COMPETENCE
Siti Indah Purwaning Yuwana UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember DIGITAL MARKETING : STRATEGI PROMOSI APOTEK SAWOJAJAR MAS
Danish Nur Amalina, Mashudi Anwar, Galuh Rachmawati UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung STRATEGI MARKETING WISATA SYARIAH MELALUI INSTAGRAM
Muhammad Alfarizi Universitas Bina Nusantara STUDI EKSPLORASI PENERIMAAN DIGITALISASI PEMBAYARAN ZAKAT MELALUI APLIKASI FINTECH INDONESIA PASCA PANDEMI COVID-19

Kategori Pariwisata Syariah

Nama Afiliasi Judul Artikel
Wahyu Eko Pujianto, Mochammad Burhanuddin Robbani, Tsabitah Rahmahdiyyah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo PENGUATAN EKONOMI LOKAL POST COVID:STRATEGI BRANDING EMBRIO DESTINASI WISATA RELIGI BARU DI KABUPATEN SIDOARJO
Jumaidin UIN Mataram MPLEMENTASI ATRAKSI WISATA HALAL PASCA PANDEMI COVID19 (Studi Kasus Di Desa Wisata Kuripan Selatan)
Utari Evy Cahyani, Dia Purnama Sari, Rizal Ma’ruf Amidy Siregar IAIN Padangsidimpuan & UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ANALISIS BIBLIOMETRIK PARIWISATA HALAL UNTUK MENGEKSPLORASI DETERMINAN DAYA SAING DESTINASIWISATA
Muhammad Syihabudin, Abdullah Haidar, Evania Herindar Tazkia University College Peran Sociopreneur Dalam Menunjang Indonesia Menjadi Pusat Wisata Halal Dunia: Studi Kasus “Sudut Lombok”
Sabiq Al Qital, Silma Lafifa Sunarya, Aam Slamet Rusydiana Universitas Ibn Khaldun Bogor & Institutut Agama Islam Tazkia MANAJEMEN PARIWISATA HALAL: SEBUAH REVIEW MENGGUNAKAN ANALISIS BIBLIOMETRIK