Makna Megengan bagi FEBI

Tulungagung, 17 Maret 2023. Kaum muslim sebentar lagi menyambut bulan Ramadhan. Banyak orang sudah merasakan aura kesucian bulan ramadhan tersebut. Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan maghfiroh yg dinanti-nanti sebagian besar umat Islam, karena pada bulan itu orang muslim seluruh dunia melaksanakan puasa, menahan diri dari makan, minum, dan godaan hawa nafsu selama satu bulan penuh. Momen ini menjadi kesempatan bagi muslim bukan saja untuk meleburkan dosa namun juga mengendalikan diri untuk tidak berbuat negatif sedikitpun.
Menjelang bulan Ramadhan tiba masyarakat muslim umumnya yg ada di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur mengadakan megengan, sebuah budaya lokal yang sudah lama berlangsung dalam masyarakat. Megengan adalah ekspresi kegembiraan masyarakat akan datangnya bulan Ramadhan yang dilakukan dengan cara berbagi makanan. Megengan bisa dilakukan secara individual dengan mengirimkan berkat ke tetangga atau secara kolektif dengan mengumpulkan masyarakat di masjid atau mushola utk berdoa bersama dan berbagi makanan yang dibawa masing-masing individu.
FEBI sebagai sebuah komunitas dalam UIN SATU Tulunggung juga mengadakan megengan. Megengan FEBI dilaksanakan pada hari Jumat pagi 17 Maret 2023 berbarengan dengan kegiatan rutin Khotmil Quran. Megengan ini bertujuan bukan saja melestarikan budaya dan ungkapan kebahagiaan akan hadirnya bulan Ramadhan, tetapi juga ekspresi kesadaran akan melekatnya dimensi spiritual dalam aktivitas kerja-kerja akademik dan pelayanan bagi mahasiswa dan masyarakat. Sehingga melalui megengan ini, FEBI senantiasa bersyukur atas pencapaian yang telah dilalui dan selalu berharap ke depan menjadi lebih baik.

Perkumpulan warga komunitas dalam sebuah momen khusus yang menyelingi rutinitas materi bukan sekedar membuka hadirnya  public sphere bagi sebuah interaksi yang lebih cair, dalam konteks momen yg bersifat religius kran kebuntuan formalitas yang tersumbat di ruang-ruang privet dan individual, baik di tempat kerja maupun di tempat ibadah terbuka secara luas. Ekspresi keistimewaan momen menjadi sangat terasa dan berkesan. Setiap individu memancarkan kebahagian hakiki yang menggambarkan dua demensi yang harmonis, spitlritualitas dan materialitas yang terkendali.
Megengan di FEBI mengingatkan kembali akan makna al-Qhashash 77: "Dan carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan".
Demikian catatan singkat kegiatan megengan di FEBI, semoga kita selalu diberi kekuatan untuk selalu menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangangan-Nya. Selamat berpuasa, selamat bekerja di bulan Ramadhan.

Dekan FEBI bersama Sekjur Bisnis dan Manajemen serta Fungsional PTP FEBI.

Makan bersama.