Pembekalan Jiwa Kepemimpinan Calon Pengurus HMJ-MKS

Dalam rangka menjawab tantangan zaman yang semakin komplek, dibutuhkan ketrampilan dalam mengelola sebuah organisasi. Hal ini disadari oleh HMPS-MKS FEBI UIN SATU Tulungagung atas perkembangan dan tantangan yang muncul pada saat ini. Sebagai bentuk respon terhadap tantangan tersebut,  HMPS-MKS FEBI UIN SATU Tulungagung mengadakan diklat bagi calon pengurus  HMPS-MKS  yang dilaksanakan pada tanggal 17-19 Januari 2022 di gedung MWC NU Boyolangu.

Diklat ini mengusung tema "Mewujudkan Karakter Pemimpin yang Bertanggung Jawab, Disiplin, Inovatif dan Berintegritas Tinggi untuk Mewujudkan Organisasi yang Unggul". Dengan tema tersebut harapannya, seluruh peserta dapat memiliki jiwa kepemimpinan yang baik dalam rangka mewujudkan organisasi yang unggul, baik unggul dalam segi akademik maupun non akademik.

Peserta diklat adalah mahasiswa semester satu dan tiga yang telah lolos tahap seleksi wawancara. Jumlah peserta yang mengikuti diklat sebanyak 32 mahasiswa. Panitia menghadirkan delapan pemateri untuk membekali calon pengurus agar memiliki ketrampilan yang mumpuni dalam mengelola organisasi. Mereka adalah; Rizqi Akbar (antropologi Kampus),  Ahmadhani Satya Mahaldi (lobbiying dan networking), Moh. Rois Abin, M.Pd (kebangsaan), M. Jamalul Abidin (administrasi ormawa), Risky Setiyawan, S.E. (leadership),  Hj. Amalia Nuril Hidayati, S.E, M.Sy. (kejurusan),  Bagas Firmansyah (analisis diri), dan Hatim Amirul Mutaqin (keorganisasian)

Hj. Amalia Nuril Hidayati, S.E, M.Sy. selaku Koordinator Prodi Manajemen Keuangan syar’iah menuturkan “kita ingin calon-calon yang akan menjadi pengurus HMPS-MKS ini betul-betul memiliki kemampuan yang cukup untuk mengelola organisasi HMPS. Makanya, HMPS-MKS mengadakan diklat ini agar kegiatan-kegiatan yang akan direncanakan bisa berjalan dengan baik dan membawa kemajuan bagi jurusan MKS”. Terang dosen yang akan menyandang gelar doktor tersebut.

Sementara itu Wakil Dekan III Bidang kemahasiswaan FEBI UIN SATU Tulungagung Dr. Sutopo, M. Pd. Mengatakan “MKS adalah jurusan yang banyak pemintanya di Fakultas Ekonomi. Penting bagi Fakultas memberikan bekal kemampuan akademik yang diperoleh lewat perkuliahan, juga membekali mereka ketrampilan berorganisasi agar mereka menjadi lulusan yang tangguh dan mudah beradaptasi dengan lingkungan mereka ketika sudah lulus”. Imbuh doktor lulusan Universitas Malang tersebut.

Selama pemaparan materi, para peserta diklat terlihat cukup antusias memperhatikan materi yang disampaikan oleh pemateri. Setiap selesai pemaparan materi, para peserta diklat langsung melakukan SGD (Small Group Discussion) bersama kelompoknya masing-masing. Tujuannya adalah untuk berdiskusi bersama mereview materi yang baru saja dipaparkan. Dilansir dari salah satu peserta diklat, salah satu materi yang cukup menarik adalah Leadership karena metode penyampaian dengan metode games. Terlihat para peserta juga sangat antusias mengikuti games tersebut karena bagi pemenang masing-masing kelompok mendapatkan reward dari pemateri.