FEBI Gelar Seminar Nasional Sukuk

Tulungagung-(FEBI)- Pada hari Jumat, 20 November 2015 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung menyelenggarakan Seminar Nasional Sukuk. Semina ini mengambil tema “Peran Sukuk dalam Pembangunan Ekonomi Nasional”.

“Pemerintah telah melakukan penerbitan sukuk negara sejak tahun 2008 yang diharapkan dapat mendorong pengembangan industri keuangan syariah melalui penyediaan instrumen keuangan dan investasi yang berbasis syariah. Dengan semakin berkembangnya konsep bisnis syariah dalam tatanan global, memaksa Indonesia untuk mencari alternatif lain terkait investasi bisnis yang Islami. Sukuk merupakan instrumen yang cukup menarik kerena Sukuk memiliki likuiditas cukup tinggi. Demikian disampaikan oleh Dede Nurohman, M.Ag., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Seminar kali ini menghadirkan Narasumber dari Kementerian Keuangan RI, yaitu Suminto, S.Sos., M.Sc., Ph.D. Dalam penyampaiannya beliau menyampaikan bahwa sejak Sukuk ini diterbitkan oleh Negera berdasarkan UU nomor 19 Tahun 2008 Tentang SBSN terus mengalami peningkatan setiap tahun. Salah satu pihak yang memanfaatkan sukuk yang diterbitkan oleh negara adalah Kementerian Agama. Total penerbitan Sukuk Negara per 13 November 2015 sebesar IDR 377.04 Trilyun. Demikian disampaikan oleh Direktur Pembiayaan Syariah Ditjen PPR Kemenkeu yang juga Wakil Ketua Umum DPP IAEI Pusat.

Sebagaimana diketahui, pemanfaatan sukuk ini juga digunakan untuk pembangunan infrastruktur. Seperti di IAIN Tulungagung merupakan salah satu instansi yang salah satu pembangunan gedungnya dibiayai dari sukuk atau SBSN ini. “Ya, kedatangan Pak Suminto di IAIN Tulungagung ini juga merupakan salah satu rangkaian dalam monitoring pembangunan Gedung FEBI berlantai 6 yang dibiayai dari SBSN atau sukuk.” Demikian yang disampaiakan oleh Dr. Maftukhin, M.Ag., Rektor IAIN Tulungagung. Tahun 2015 ini IAIN Tulungagung mendapatkan dana SBSN sebesar 35 M dan rencananya tahun 2016 mendatang, IAIN Tulungagung mendapatkan dana sekitar 42 M juga dari SBSN.

Seminar kali ini dikuti oleh mahasiswa FEBI, mahasiswa pascasarjana, Dosen, juga diikuti pengurus IAEI Kabupaten Tulungagung. Pak Suminto yang juga Wakil Ketua Umum DPP Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) Pusat juga memberikan wejangan kepada pengurus IAIE DPD Tulungagung agar melaksanakan tugas dengan baik serta memberikan kontribusi dalam pembangunan ekonomi nasional. (nk)