HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN PERBANKAN SYARIAH GELAR “RAMADHAN KREATIF” BERSAMA ADIK-ADIK YATIM/PIATU

Tulungagung-FEBI. Rabu, 10 Ramadhan 1437 H / 15 Juni 2016 M, Himpunan Mahasiswa Jurusan Perbankan Syari’ah IAIN Tulungagung (HMJ PS) mengadakan kegiatan Ramadhan Kreatif  yang bertemakan “Membentuk Kepribadian yang Disiplin dalam Beribadah dan Berakhlakul karimah” bersama adik-adik Yatim/Piatu.

Acara ini diadakan dalam rangka berbagi keberkahan Ramadhan bersama puluhan adik-adik Yatim/Piatu yang berasal dari Tulungagung dan sekitarnya. Serangkaian awal kegiatan Ramadhan Kreatif dilaksanakan di Aula gedung KH. Saifuddin Zuhri IAIN Tulungagung. Kegiatan ini resmi dibuka pukul 14:50 WIB oleh bapak  Dr. Agus Eko Sujianto, SE., MM., selaku Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Tulungagung. Pembukaan berlangsung tampak meriah dengan sorak-sorai tepuk tangan adik-adik Yatim/Piatu, panitia, dan tamu undangan yang telah hadir.

Kegiatan dilanjutkan dengan sholat Ashar berjamaah, seluruh adik yatim/piatu bergegas mengambil air wudlu secara bergiliran didampingi oleh panitia yang bertugas. Setelah sholat Ashar berjamaah selesai, seluruh adik yatim/piatu diajari melukis seni henna yang baik dan benar, dipandu oleh Kakak Cidiayu selaku ahlinya seni rupa HMJ Perbankan Syariah, dan didampingi oleh panitia yang bertugas. Seluruh adik yatim/piatu masing- masing diberi 1 buah henna. Mereka sangat antusias dan penuh dengan kebahagiaan yang terpancar dari raut muka mereka. Tak lupa, dalam kegiatan melukis henna ini, dipilih 3 anak terbaik dalam melukis henna dan sebagai apresiasinnya mereka yang terbaik diberi hadiah oleh panitia secara langsung. Terpilih sebagai juara 1,2,3 berturut-turut adalah adik Naisa, adik Andik, dan adik Anisa. Seni melukis henna dipilih sebagai salah satu rangkaian acara karena mengingat sebagai mahasiswa FEBI harus mampu menunjukkan kreasi yang mampu menciptakan nilai, dan henna merupakan salah satu seni yang lagi booming di kalangan remaja masa kini. Dengan harapan pula salah satu dari adik-adik Yatim/Piatu ada yang nantinya menekuni seni ini untuk lebih menciptakan nilai dalam kehidupannya.  Kegiatan Ramadhan kreatif berlanjut dengan bersholawat bersama serta berbagi keberkahan kepada adik-adik Yatim/Piatu dengan serangkaian kuis berhadiah yang mampu menggoncangkan semangat dan antusias yang besar dari adik-adik Yatim/Piatu.

Hingga tak terasa waktu berbuka puasa pun semakin dekat, seluruh panitia bergegas mengambil ta’jil dan kurma sebagai hidangan pembuka. Setelah membatalkan puasa, kegiatan ini berlanjut dengan shalat Maghrib berjama’ah yang mana sebagai imam adalah Presiden DEMA- I terpilih yaitu saudara Miftahul Huda, dan kemudian buka puasa bersama. Tak lupa pula mahasiswa Perbankan Syari’ah yang diwakili oleh Ketua HMJ Perbankan Syariah saudara Muhtar Rifai berbagi keberkahan Ramadhan dengan memberikan santunan kepada adik-adik Yatim/Piatu. Hingga tak terasa waktupun semakin cepat berlalu, menandakan kegiatan ini akan berakhir. Kami pun mengabadikan momen yang bahagia ini dengan mengambil foto bersama adik-adik Yatim/Piatu dan seluruh panitia sebagai tanda perpisahan. “kami sangat bersyukur dengan telah terselenggarannya kegiatan Ramadhan Kreatif ini, yang mengajarkan kepada kami sebuah pelajaran hidup tentang indahnya berbagi keberkahan Ramadhan bersama adik-adik Yatim/Piatu” ungkap ketua HMJ PS Muhtar Rifa’i.

“Insya Allah menjelang 10 hari akhir Ramadhan kami HMJ Perbankan Syariah akan membagikan pakaian ke beberapa panti yang ada di Tulungagung. Pakaian-pakaian tersebut diberikan oleh para donatur yang memiliki rezeki lebih dengan ikhlas. Semoga dengan do’a adik-adik Yatim/Piatu membawa keberkahan dan kemajuan bagi kampus IAIN Tulungagung, khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam”, pungkasnya. (hib)