GIS FEBI IAIN Tulungagung Diresmikan Rektor

 

Atas : Pemotongan Pita oleh Rektor yang didampingi OJK, PT BEI, PT Indopremier Sekuritas, dan Dekan FEBI

Bawah Kiri : Pembukaan Tirai Plakat GIS oleh Perwakilan PT BEI, OJK, dan PT Indopremier Sekuritas di Lantai 2

Bawah Tengah : Pemaparan Materi Seminar oleh Nur Harjantie

Bawah Kanan : Narasumber dan Moderator Seminar "Perkembangan Pasar Modal Syariat di Era Revolusi Industri 4.0"

Tulungagung - Pada Rabu (26/06) diresmikan Galeri Investasi Syariah (GIS) oleh Prof.Dr. Maftukhin, M.Ag. (Rektor IAIN Tulungagung) yang didampingi Deddy Herlambang (Kepala Bagian Pengawasan Pasar Modal OJK), Adhe Citra Widiatmoko (Head of Marketing PT Indopremier Sekuritas), Nur Harjantie (Kepala Unit Pengelolaan Wilayah 2 PT BEI), Dr. H. Dede Nurrohman, M.Ag. (Dekan FEBI) di Lantai 2, Gedung KH. Saifuddin Zuhri IAIN Tulungagung.

Dikatakan oleh Pak Dede, GIS merupakan bagian dari kerja sama antara FEBI, IAIN Tulungagung dengan Bursa Efek Indonesia (BEI). Sebagai mitra kerja, FEBI memilih PT Indopremier Sekuritas. Tidak hanya itu, GIS merupakan fasilitas laboratorium bagi mahasiswa IAIN Tulungagung, terutama jurusan Manajemen Keuangan Syariah (MKS) untuk mengembangkan keterampilan keuangan.

Selain itu, dia berharap dengan kehadiran GIS tersebut betul-betul bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa guna mendapatkan konsultasi dan pendampingan dalam meningkatkan kompetensi di bidang keuangan.

Kepala Kantor Regional 4 Otoritas Jasa Keuangan Jawa Timur yang diwakili oleh Kepala Bagian Pengawasan Pasar Modal, Deddy Herlambang, dalam sambutannya sebelum peresmian, menyampaikan terima kasih kepada IAIN Tulungagung dan PT Indopremier Sekuritas yang telah merencanakan terbentuknya GIS. Menurutnya, pasar modal tidak akan berkembang tanpa adanya kerja sama dan/atau sinergi di semua sektor, baik di lingkungan kampus, pelaku pasar modal, maupun otoritas jasa keuangan.

Oleh karena itu, sangat diharapkan, GIS yang ada di IAIN Tulungagung ini dapat berfungsi dengan baik dan memberikan kontribusi dalam mendorong bertambahnya pelaku investasi di wilayah Tulungagung dan sekitarnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Rektor IAIN Tulungagung menyampaikan apresiasi positif kepada semua pihak atas terjalinnya kerja sama sehingga terbentuknya GIS di IAIN Tulungagung. Harapannya, keberadaan GIS dapat meningkatkan wawasan dan kemampuan masyarakat Indonesia, khususnya mahasiswa IAIN Tulungagung, dalam hal berinvestasi. Namun demikian, rektor juga berpesan untuk berhati-hati dalam melakukan  investasi karena terkadang ada penawaran berinvestasi, tetapi tidak ada barangnya.

Setelah sambutan dari rektor, acara dilanjutkan dengan Seminar Pasar Modal Syariah yang membahas tema “Perkembangan Pasar Modal Syariat di Era Revolusi Industri 4.0”. Dalam seminar tersebut, narasumber adalah Nur Harjantie selaku Kepala Unit Pengelolaan Wilayah 2 PT Bursa Efek Indonesia dan Adhe Citra Widiatmoko selaku Head of Marketing Area 2 Retail Devision PT Indopremier Sekuritas.

Seusai seminar, dilaksanakan peresmian GIS yang ditandai dengan ucapan basmalah dan pemotongan pita oleh Rektor IAIN Tulungagung yang didampingi perwakilan OJK, perwakilan PT Indopremier Sekuritas, perwakilan PT BEI, dan Dekan FEBI di depan kantor GIS, Lantai 2, Gedung KH. Saifuddin Zuhri IAIN Tulungagung. Selain itu, juga dilaksanakan penandatanganan nota kerja sama antara IAIN Tulungagung, PT BEI, dan PT Indopremier Sekuritas. Tampak hadir dalam acara tersebut segenap pejabat di IAIN Tulungagung, beberapa pejabat dari instansi pemerintah dan swasta, serta beberapa perwakilan perguruan tinggi yang ada di eks-Karesidenan Kediri. (PW)