BIMTEK E-LEARNING FEBI

Tulungagung-Pada hari Rabu (20/08/2019) diselenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) E-Learning Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung di Crown Victoria Hotel. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik IAIN Tulungagung, Kabiro AUAK, Dekan FEBI, Wakil Dekan FEBI, Dosen dan Karyawan FEBI. Acara ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars IAIN Tulungagung, Sambutan Dekan FEBI kemudian sambutan serta peresmian acara oleh Wakil Rektor I IAIN Tulungagung. Dekan FEBI, Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag, pada sambutannya mengatakan bahwa E-learning ini didasarkan pada perkembangan zaman agar proses pembelajaran di FEBI dapat dilaksanakan dengan tatap muka dan non tatap muka (dengan teknologi). Prosentase pembelajaran 60% tatap muka dan 40% non tatap muka/melalui e-learning. Kemudian dilanjutkan sambutan dan pembukaan acara oleh Wakil Rektor Bidang Akademik yakni Bapak Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd., Beliau mengatakan bahwa “Ketika menerapkan model ini (e-learning), ada dua tugas. Pertama, bagaiamana memberi pemahaman dan penyadaran bagi dosen itu sendiri. Kedua, bagaimana regulasi penerapan e-learning. Harus ada klasifikasai materi yang bisa dimodelkan dengan daring dan mana yang tidak. Bagaimana kita menggunakan elektronik sebagai alat untuk bimbingan.”

Setelah acara pembukaan, materi pertama langsung diberikan oleh salah satu Dosen ITN Malang yakni Bapak Ahmad Fahrudi Setiawan, S.Kom., M.T. Selama lebih kurang 30 menit beliau menjelaskan mengenai apa itu e-learning, bagaimana e-learning bekerja, dan lain sebagainya. Kemudian dilaksanakan praktik tes daring/online tentang TPA agar peserta mengetahui tata cara membuat dan mengerjakan soal secara elektronik.

Pemateri kedua yakni oleh Bapak Muhammad Nasir, S.Pd., M.T. selaku Manajer SIAP Online PT.Telkom Indonesia Tbk. Beliau memberikan materi terkait pemanfaatan e-learning untuk peningkatan pembelajaran ekonomi dan bisnis. Beliau mengatakan bahwa pada saat ini teknologi (handphone, laptop, internet) adalah sebagian dari hidup kita, maka semua pekerjaan bisa dilakukan menggunakan teknologi tersebut. Beliau juga berujar bahwa nantinya di dalam sistem e-learning ini dapat menampilkan aktivitas dosen, mahasiswa, menampilkan informasi kelas perkuliahan dan ketuntasan perkuliahan yang dapat terus dipantau oleh Perguruan Tinggi dan Fakultas/Jurusan. (TIM WEB)