Pelatihan Academic Writing Tingkatkan Kemampuan dan Kompetensi DLB FEBI

Kamis, 23 Februari 2023. Dalam rangka pembinaan dosen untuk menunjang salah satu tri dharma yaitu penelitian, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung mengadakan Pelatihan Academic Writing bagi dosen luar biasa (DLB) yang ada pada kedua jurusan (Jurusan Ekonomi dan Jurusan Bisnis Manajemen) di fakultas. Pelatihan ini mengundang narasumber yang sudah sangat piawai dalam bidang ini. Beliau adalah Dr. Phil. Khoirun Niam, pengelola jurnal Journal of Indonesia Islam yang terindeks oleh Scopus dan Scimagojr Q1 (SJR 0.29). Beliau sekarang mengajar di UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Jurnal ini merupakan jurnal bereputasi internasional dan telah masuk ke dalam jajaran jurnal Scopus Q1. Pembahasan mengenai kuliah umum ini sangatlah menarik karena berkaitan dengan penulisan manuskrip hingga publikasi. Selain itu beliau memaparkan pengalaman beliau terkait dengan Tata Kelola pada Journal of Indonesia Islam.

Beliau mulai menjelaskan bagaimana sebuah artikel itu dapat dilirik oleh editor jurnal. Pertama adalah bagian luar dari artikel dalam artian apa saja yang dapat dilihat langsung oleh editor yaitu format penulisan dan scope atau selingkung jurnal. Kedua hal ini sering dilupakan tapi cukup mempengaruhi penerimaan artikel. Format artikel dan selingkung jurnal harus diperhatikan karena dapat menandakan apakah penulis benar-benar yakin dan mantap untuk menulis dalam jurnal tersebut dan tidak asal kirim artikel ke jurnal tersebut. Tentu dalam kasus jurnal yang bereputasi, artikel yang masuk pun bisa jadi berjumlah ratusan atau bahkan ribuan. Untuk proses seleksi pertama hal yang pasti akan dilihat oleh editor jurnal adalah kedua hal tersebut di atas.


Selanjutnya dalam PPT yang kedua dibahas mengenai isi dari artikel. Topik itu harus memiliki beberapa kriteria. Harus ada orisinalitas, kebaruan, novelty yang tampak pada Judul, Abstrak dan bagian Pendahuluan. Selain itu artikel wajib mengedepankan aspirasi wawasan (internasional) serta tidak boleh menonjolkan pembahasan secara kedaerahan. Gaya penulisan (cara perujukan dan sistematika pembahasan mengikuti gaya selingkung jurnal) serta kualitas bahasa yang dipergunakan harus Readable for international audience.

Pembahasan terakhir dalam dua hari pelatihan academic writing adalah mengenai keyword yang dituliskan dalam abstrak harus memenuhi beberapa aspek. Aspek tersebut adalah (1) keyword harus mempercepat peneliti lain dalam menemukan artikel ini sehingga harus tepat dan persis dengan isi artikel dan (2) keyword boleh berbeda dengan kata-kata yang ada pada judul dan abstrak tapi tidak boleh menyesatkan peneliti lain.

Jumat, 24 Februari 2023 acara pelatihan academic writing bagi DLB ini pun ditutup oleh Wadek II Dra. Umy Zahro, M.Kes., Ph.D. Diserahkan beberapa souvenir kepada narasumber sebagai ucapan terima kasih atas ilmu dan waktu yang diberikan selama di aula Gedung Saifuddin Zuhri lantai 6 UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Dekan FEBI memberikan sambutan.

Moderator dan narasumber menjelaskan di panggung aula.

Tampak peserta mendengarkan dengan seksama.

Peserta bertanya kepada narasumber.

Foto bersama narasumber dengan peserta.