Pertajam Pemahaman Tentang Manajemen Zakat, Mahasiswa Mazawa Lakukan Studi Lapangan

Senin, 11 Desember 2023 Mahasiswa Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf semester 3 UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG melakukan studi lapangan di UPZ Masjid Baitul Khoir Kec. Bandung Tulungagung. Acara yang berlangsung dari pagi pukul 08.00 sampai pukul 11.00 ini diikuti sekitar 60 mahasiswa semester 3 Mazawa UIN SATU. Kegiatan ini bertujuan untuk melihat langsung bagaiman sistem pengelolaan zakat yang berlangsung di daerah Kecamatan Bandung, terutama di UPZ Baitul Khoir sendiri.

Koordinator Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf Ahmad Supriyadi menuturkan “kita telah belajar seputar teori manajemen zakat, tapi hari ini  kita akan melihat langsung bagaimana kondisi lapangannya, karena perlu kita ketahui sepandai apapun  kita memahami teori manajemen dalam prakteknya pasti ada hal-hal baru yang tidak kita ketahui”.

Ilham Soleh selaku ketua UPZ Baitul Khoir memimpin langsung dalam pemaparan materi dari UPZ Baitul Khoir beliau menjelaskan dengan gamblang mulai dari sejarah UPZ sendiri bahkan juga  manajemen UPZ sendiri ada salah 1 pesan dari beliau yang sangat memotivasi yaitu "setidaknya yakinlah pada kemampuanmu, walau pilihan kedua, namun perlu diingat bahwa tidak semua pilihan kedua buruk bagimu"

Pada akhir sesi, acara ditutup dengan sesi tanya jawab. Peserta studi lapangan sangat antusias dan memanfaatkan acara tersebut untuk menyampaiakan pertanyaan-pertanyaan yang mereka siapkan. Ketua UPZ menjawab hal-hal yang belum jelas bagi mahasiswa dengan gambalang dan bahkan menemukan beberapa potensi pengembangan manajemen zakat di beberapa daerah yang disampaikan oleh para penanya.