Diskusi Bedah Regulasi Pengelolaan Zakat Tingkatkan Pemahaman Mahasiswa MAZAWA Bersama Koorprodi

Senin 4 Desember 2023, mahasiswa Semester 5 Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf (MAZAWA) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung menggelar kegiatan yang menarik dengan mengadakan diskusi bertajuk “Bedah Regulasi Pengelolaan Zakat Di Indonesia” bersama Koorprodi MAZAWA Dr. Ahmad Supriyadi, M.Pd.I. Acara yang bertempat di Warunk Salman Plosokandang ini merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap regulasi pengelolaan zakat di Indonesia.

Kegiatan ini dibuka dan diisi langsung oleh  Korprodi MAZAWA. Dalam mukadimahnya, beliau memberikan apresiasi terhadap antusias mahasiswa dalam menyelenggarakan kegiatan ini. Setelah sambutan, acara diawali dengan pemaparan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang pengelolaan Zakat dan Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2014 Tentang Pelaksanakan UU 23 Fahun 2011 Tentangpengelolaan Zakat. Selain UU DAN PP, regulasi produk Baznas, baik Peraturan Baznas maupun Keputusa Ketua Baznas juga disinggung dalam diakusi ini.

Selesai pemaparan, acara dilanjutkan dengan diskusi yang dipandu oleh mahasiswa, diskusi diawali dengan membahas tentang Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat. Kemudian, bahasan yang kedua tentang Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2014.

Korprodi MAZAWA mengatakan bahwa banyak mahasiswa yang mengajukan judul skripsi dengan judul monoton. “Adanya diskusi ini bertujuan untuk membuka lebih luas lagi wawasan mahasiswa MAZAWA dan sebagai bekal mahasiswa untuk menyusun tugas akhir  dengan judul yang lebih bervariasi lagi” Ujarnya. Oleh karena itu, diharapkan setelah diadakannya diskusi ini, mahasiswa MAZAWA mampu membedah lagi terkait regulasi dan juga pemahaman dari luasnya sumber-sumber yang bisa dibuat judul nantinya.