BELAJAR MANAJEMEN PELAYANAN HAJI DAN UMROH: MAHASISWA PRODI PARIWISATA SYARIAH BERPARTISIPASI DALAM KEGIATAN MANASIK HAJI KHUSUS

Pada hari Sabtu, 24 Februari 2024 Mahasiswa semester 6 program studi Pariwisata Syariah ikut berpartisipasi dalam kegiatan manasik haji dengan tema ‘’Sosialisasi dan Teknis Pelaksanaan Haji Khusus 1445 H’’ yang diselenggarakan oleh Sabilina Tours di wisata kampung coklat Blitar dengan didampingi Dosen FEBI Retno Dewi Zulaikhah S. HI., M. E. Acara ini bertujuan untuk mensosialisasikan para jemaah haji yang berangkat di bulan juli mendatang, dan para mahasiswa diberikan kesempatan untuk menghadiri acara tersebut untuk mengetahui gambaran hal yang perlu dilakukan ketika melaksanakan ibadah haji khusus.

Acara diawali dengan pendekatan rohani dan dilanjutkan dengan materi mengenai haji, utamanya pada teknis pelayanan dan perjalanan ibadah haji khusus yang akan dilaksanakan oleh kurang lebih 50 calon jamaah haji yang telah hadir berpartisipasi. Materi pertama disampaikan oleh Tuan Guru H. Muhammad Fikri selaku pembimbing Ibadah PT. Sabilina. Edukasi dimulai dari kesiapan rohani, fisik dan ilmu tentang haji untuk bekal jamaah haji dari mulai pemberangkatan hingga kepulangan jamaah haji. Materi disampaikan dengan interaktif sehingga materi tersebut sangat mudah dipahami oleh calon jamaah haji dan juga mahasiswa. Pemateri juga menyampaikan banyaknya keistimewaan dari pelayanan haji khusus dibandingkan dengan haji reguler. Mulai dari fasilitas yang diberikan, jumlah pendamping jamaah haji hingga akomodasi serta transportasi ketika melaksanakan ibadah haji. Dilanjutkan oleh H. Abdul Aziz selaku manajer operasional PT. Sabilina dengan memasuki sesi tanya jawab, tidak terlalu banyak pertanyaan yang diajukan namun, Beliau memberikan jawaban yang sangat tepat juga mudah dipahami bagi calon jamaah haji.

Rangkaian acara sosialisasi dan teknis pelaksanaan haji khusus 1445 H yang diselenggarakan oleh Sabilina Tours sangat bermanfaat bagi mahasiswa semester 6 program studi Pariwisata Syariah untuk menunjang penguasaan materi tentang manajemen pelayanan haji dan umroh. Dengan keterlibatan aktiv dalam kegiatan, mahasiswa mampu lebih memahami materikarena memperoleh pengalaman secara langsung dari praktisi di bidang haji dan umroh.