KULIAH INFORMAL EKONOMI SYARIAH

(Tulungagung) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam(FEBI),Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagungkembalimenggelarkegiatan fakultatif, yaitu Kuliah Informal Ekonomi Syariah pada hari Kamis tanggal18 September 2014. Kegiatan yang berlangsung selama sehari tersebut diselenggarakan bekerja sama dengan Lembaga Keuangan Mikro Islam (LKMI) AL-KAMIL GLOBAL Malang, sebuah Lembaga Keuangan Syariah yang memiliki cabang di berbagai wilayah Indonesia. Kegiatan yang diikuti oleh para alumnus jurusan Perbankan Syariah Tahun 2014 dan juga mahasiswa aktif Jurusan Ekonomi Syariah bertempat di gedung Aula Utama IAIN Tulungagung.

saat ini, problem utama yang dihadapi para alumnus adalah terbatasnya peluang para lulusan sarjana perguruan tinggi di dunia kerja tanpa terkecuali bagi lulusan FEBI IAIN Tulungagung. Situasi di atas semakin diperparah dengan minimnya akses para alumnus untuk menembus peluang yang tersedia.

            .Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan para alumnus dalam menghadapi kompetisi kerja dan memberikan akses bagi para alumnus agar terserap di dunia kerja, maka FEBI IAIN Tulungagung bekerja sama dengan LKMI AL-KAMIL GLOBAL Malang melaksanakan kegiatan Kuliah Informal Ekonomi Syariah. Sesuai dengan MoU yang telah disepakati, semua peserta diberikan kesempatan magang di berbagai lembaga keuangan di bawah naungan LKMI AL-KAMIL GLOBAL di seluruh Indonesia.

            Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Utama IAIN Tulungagung turut melibatkan peserta dari mahasiswa aktif jurusan Ekonomi Syariah. Bagi mahasiswa aktif, kegiatan ini tentu saja membuktikan bahwa FEBI IAIN Tulungagung tidak hanya mampu menghasilkan sarjana-sarjana yang berkualitas di bidangnya, namun juga membekali dan memfasilitasi para alumnus agar terserap oleh dunia kerja. Hal ini tentu berdampak positif karena kegiatan kuliah informal mendorong komitmen dan memotivasi para mahasiswa untuk terus memacu semangat dan meningkatkan kerja keras mereka dalam mencapai prestasi akademik yang dapat dibanggakan.

            Kegiatan yang berlangsung sehari penuh dibuka oleh Rektor IAIN Tulungagung, Bapak Dr. Maftukhin, M.Ag. Dalam sambutannya, beliau memberikan apresiasi positif atas kegiatan perkuliahan informal yang diselenggarakan oleh FEBI sekaligus menyatakan harapannya agar para alumnus mampu menerapkan ilmu dan keahlian yang diperoleh selama menuntut ilmu di perguruan tinggi secara kaffah dengan berkarya di dunia bisnis dan keuangan syariah. Para alumnus jugadiharapkan turutmembendung derasnya arus kapitalisme dan liberalisme dengan ikut mensyiarkan ekonomi dan bisnis berbasis syariah di lingkungan masyarakat. Turut hadir dalam kegiatan tersebut seluruh tenaga pendidikan dan kependidikan di lingkungan FEBI IAIN Tulungagung.

            Di akhir acara, dari total 165 peserta, 29peserta menyatakan kesediaannya mengikutimagang di sembilan lembaga keuangan syariahnaungan LKMI AL-KAMIL GLOBAL, yaitu di kota Kediri, Tulungagung, Blitar, Banyuwangi, Situbondo, Probolinggo, Madiun, Solo dan Banjar Baru (Kalimantan Selatan). Seluruh peserta magang nantinyaakan mendapatkan fasilitas mes/tempat tinggal, biaya akomodasi danbonusmenjanjikan bagi yang berprestasi.