STUDI BANDING KE UIN SYARIF HIDAYATULLOH JAKARTA

(Tulungagung) Tanggal 30 September 2014, Rombongan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Tulungagung berkunjung ke UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Diantara yang ikut dalam rombongan tersebut adalah H. Dede Nurohman, M.Ag selaku dekan Fakultas, Dr. Nur Aini Latifah, SE. MM selaku Wakil Dekan bidang akademik, Dr. Agus Eko Sujianto, SE. MM, selaku wakil dekan bidang kerjasama dan kemahasiswaan, Muhammad Aswad, M.A selaku Ketua Jurusan Ekonomi Syariah, dan Binti Nur Asiyah, M.Si. selaku Sekretaris Jurusan Perbankan syariah. Tujuan dari kunjungan adalah untuk studi banding, mempelajari hal ihwal terkait pengelolaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kunjungan tersebut diterima baik oleh segenap pengelola Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta diantaranya; Prof. Dr. Abdul Hamid, M.Si. selaku dekan fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dr. Herni Ali HT, SE. MM, selaku vice Dean For Student affair (wakil dekan 3), Ade Suherlan, MM. MBA selaku Ka. Prodi Perbankan Syariah dan segenap pengelola di Fakultas Ekonomi dan bisnis di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Hasil dari studi banding diantaranya adalah prodi-prodi terdiri dari prodi Akuntansi, manajemen, Perbankan syariah dan Ilmu studi Pembangunan. Dalam pengelolaan prodi, terdapat kelas bilingual. Tehnis pembentukan kelas bilingual dengan menjaring mahasiswa berprestasi dalam tiap semesternya, dengan kemampuan bahasa arab dan bahasa Inggris. Kegiatan-kegiatan yang menunjang akademik diantaranya adanya carier office, Pojok bursa, Laboratorium mini bank, Pengelolaan Jurnal. Dari komunikasi yang dibangun, pihak Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah melalui prof. Dr. Abdul Hamid, M.Si memberikan kesempatan di masa mendatang bagi FEBI IAIN Tulungagung untuk mengirimkan mahasiswa terbaik untuk belajar di UIN Syarif Hidayatullah selama beberapa bulan.

Selain kunjungan ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis, juga mengunjungi Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Di Fakultas tersebut diterima oleh segenap pengelola Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum diantaranya Dr. H. JM Muslimin, MA selaku dean (dekan), Dr. Asmawi, M.Ag., selaku Vice Dean of administration and Finance affairs, serta segenap pengelola lainnya. Tujuan kunjungan ke FaSIH adalah mengetahui pengelolaan prodi Perbankan syariah selama di bawah naungan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum. Hasil dari kunjungan tersebut adalah dalam mendukung kegiatan akademik, muncul kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan yang terdiri dari Praktikum di Laboratorium (Mini bank syariah, pojok bursa, statistik),  Praktik kunjungan untuk tiap mata kuliah dengan pendanaan dari fakultas, serta Praktik pengalaman Lapangan di Lembaga Keuangan Syariah dengan sifat yang tidak mengikat. Dari hasil kunjungan di atas diharapkan menjadi motivasi positif bagi pengelolaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di IAIN Tulungagung.