PELATIHAN MERAWAT JENAZAH MAHASISWA FEBI IAIN TULUNGAGUNG

(Tulungagung) Kamis, 28 Mei 2015, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung melaksanakan kegiatan Pelatihan Merawat jenazah. Kegiatan yang dimulai pada pukul 13.00 WIB ini bertempat di lantai 4 gedung Pascasarjana dan menghadirkan M. Taslimurofiq, M.Pd.I sebagai Narasumber. Kegiatan Pelatihan Merawat Jenazah ini diikuti oleh mahasiswa semester 2 sebanyak kurang lebih 700 mahasiswa.

Merawat jenazah merupakan hal yang kurang diperhatikan oleh masyarakat. Biasanya mereka menyerahkan permasalahan ini pada pemuka agama atau modin. Minimnya pengetahuan masyarakat juga sering menjadikan mereka menggabungkan praktik syari’at dengan kebiasaan setempat. Padahal hal tersebut belum tentu sesuai dengan tuntunan perawatan jenazah yang sesuai syari’at. Pengetahuan tentang merawat jenazah juga sangat penting bagi mahasiswa sebagai bekal pengetahuan dan kemampuan sebelum benar-benar terjun ke masyarakat. Bagaimanapun, asumsi masyarakan akan beranggapan bahwa mahasiswa dan lulusan IAIN Tulungagung akan dianggap lebih tahu dan paham tentang praktek-praktek keagamaan.

Dalam pelatihan merawat jenazah tersebut, mahasiswa tidak hanya disampaikan tentang teori merawat jenazah, tapi juga dipraktekkan secara langsung dengan simulasi merawat jenazah, mulai dari tata cara memandikan, mengkafani, mensholatkan dan seterusnya. Di akhir acara, peserta diberikan semacam kuis dan tugas yang harus dikumpulkan saat itu juga untuk mengetahui sejauh mana peserta menerima dan memahami materi yang diberikan. <Hazet>