FEBI PEDULI LONGSOR PONOROGO BERSAMA GENBI KEDIRI KOMISARIAT IAIN TULUNGAGUNG

Pada hari Senin, 10 April 2017 tim relawan anggota GenBI Kediri bersama Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Tulungagung Dr. H. Dede Nurohman, M. Ag. menelusuri lokasi kejadian bencana tanah longsor di desa Banaran Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Kondisi medan ke tempat kejadian yang sulit dan cuaca yang tidak bersahabat, ditambah dengan kondisi masyarakat desa Banaran yang menjadi korban juga sangat memprihatinkan. Wajah-wajah korban memperlihatkan rona kesedihan yang mendalam yang di alami oleh mereka, mereka harus kehilangan anggota keluarga yang menjadi korban timbunan longsor, hewan ternak, maupun harta benda termasuk rumah mereka.  Sambutan hangat para warga disana menjadikan lelah kami terobati dengan semangat gotong royong dan rasa jalinan kasih antar sesama, mereka juga mengajarkan kepada kami beberapa alasan untuk bangkit meski sedang jatuh.

   

Kejadian yang tidak terduga-duga pada hari Sabtu, 01 April 2017 pukul 07.40 WIB terjadi longsor yang menimpa pemukiman rumah dan warga.  Memakan korban jiwa sebanyak 27 orang yang masih tertimbun dan terkubur hidup-hidup, dan sampai hari ini masih ditemukan ada sekitar 4 korban jiwa. Dari keterangan para warga desa Banaran mereka mengatakan bahwasanya mereka menjadi korban pada saat itu sedang melakukan kegiatan diladang, memasak atau melakukan aktivitas rumah tangga. Dan malangnya mereka tidak bisa meloloskan diri dari bencana longsor pada hari itu.  Longsor susulan terjadi pada 09 April 2017 pukul 11.47 WIB. Longsor terjadi ditempat yang sama dengan mengakibatkan 2 rumah rusak, 1 ekskavator, 2 mobil, 5 sepeda motor, dan 2 anjing pelacak tertimbun material longsor. Tidak ada korban jiwa manusia dalam kejadian ini.  Untuk proses evakuasi korban jiwa, untuk saat ini dihentikan karena faktor cuaca dan kondisi tanah disana masih labil. 

    

Tim relawan anggota GenBI Kediri bersama Dekan FEBI IAIN Tulungagung Dr. H. Dede Nurrohman, M. Ag. Turut andil dalam proses penyaluran bantuan materi maupun non materi dan juga memberikan dukungan moril yang sangat dibutuhkan oleh korban disana. Memberikan edukasi dan bermacam-macam permainan untuk anak-anak disana, di lakukan oleh anggota GenBI Kediri Komisariat IAIN Tulungagung tanpa pamrih. Serta diberikan hadiahuntuk anak-anak disana yang aktif dalam permainan.