ASESMEN LAPANGAN JURUSAN MANAJEMEN ZAKAT WAKAF FEBI IAIN TULUNGAGUNG

 

(Tulungagung – FEBI) “Kami sudah beberapa kali ini menerima mahasiswa Jurusan Manajemen Zakat Wakaf untuk melakukan kegiatan PPL di tempat kami, dan selama itu kamu merasa senang dan sangat terbantu. Mahasiswa cukup mahir dan cekatan dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan selama mengikuti PPL di tempat kami.” Demikian ungkap Bapak Ahmad Supriyadi, M.Pd.I. perwakilan dari Baznas Tulungagung yang hadir dan memberikan keterangan dalam  asesmen lapangan jurusan manajemen zakat wakaf. Hal senada juga disampaikan oleh beberapa perwakilan dari stakeholder yang juga hadir pada acara tersebut, diantaranya dari LMI, Yatim Mandiri dan BMH.

 

Di awal berdirinya pada tahun 2014, Prodi Zakat dan Wakaf masih berada di bawah  fakultas  syariah dan ilmu hukum. Setelah dua tahun berjalan, Prodi Zakat dan Wakaf mengalami perubahan nomenklatur dari kementerian agama, maka prodi zakat dan wakaf berubah nama menjadi jurusan manajemen zakat wakaf dengan gelar Sarjana Ekonomi (S.E) dan berada di bawah fakultas ekonomi dan bisnis islam hingga saat ini. Selama itu, jurusan Manajemen zakat wakaf belum memperoleh akreditasi dari BAN-PT. Baru di Tahun 2017 ini,  berdasarkan pengajuan borang akreditasi, maka jurusan manajemen zakat wakaf menjalani asesmen lapangan.

Asesmen lapangan jurusan Manajemen Zakat Wakaf yang dilaksanakan pada 19 -21 November 2017 ini dilaksanakan oleh Tim asesor dari Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT) Dr. Deden Makbullah, M.A. dari UIN Raden Intan Lampung dan Dr. Sodiq Abdullah, M.Ag. dari UIN Walisongo Semarang. Selain itu juga turut hadir para pejabat rektorat, jajaran pimpinan fakultas, LPM, LP2M, pimpinan di lembaga-lembaga yang menjadi stakeholder jurusan manajemen zakat wakaf dan  perwakilan mahasiswa jurusan manajemen zakat wakaf.

Acara dibuka oleh sambutan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnisn Islam, Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag.  Beliau menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang kepada tim asesor BAN-PT. Selanjutnya sambutan dari Tim asesor BAN-PT Dr. Deden Makbullah, M.A. Beliau menyampaikan bahwa tidak semua pengajuan borang akreditasi yang masuk ke BAN-PT akan di visitasi oleh asesor. Hanya yang dianggap layak saja yang akan ditindak lanjuti dengan asesmen lapangan seperti di jurusan manajemen zakat wakaf ini.

Selain memeriksa kelengkapan  berkas dan data, asesor juga mewawancarai  beberapa mahasiswa dan stakeholder. Beberapa fasiitas yang dimiliki oleh jurusan manajemen zakat wakaf seperti ruang dosen, perpustakaan, ruang laboratorium juga dikunjungi untuk melihat kelengkapannya. Asesmen berlangsung sampai dengan pukul 16.00. Untuk hasil dari asesmen  akan segera diberitahukan secara resmi dalam waktu dekat. Semoga asesmen lapangan jurusan manajemen zakat wakaf ini mendapatkan hasil nilai akreditasi yang memuaskan. Amiin…..