ISLAMIC BANKING FESTIVAL 2017 – HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN PERBANKAN SYARIAH

 

(Tulungagung-FEBI)Pada Hari Kamis-Sabtu,19 – 21 Oktober 2017 HMJ PS IAIN Tulungagung sukses  menyelenggarakan Islamic Banking Festival 2017. Agenda akbar ini masih perdana di selenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa JurusanPerbankan Syariahdengan mengambil tema “Generasi Muda Penghapus Riba”. Agenda ini dibuka dengan acara Seminar Nasional Perbankan Syariah pada Kamis, 19 Oktober 2017 yang dihadiri oleh Wakil Dekan III, Ketua Jurusan Perbankan Syariah, tamu undangan serta para peserta seminar yang berasal dari luar dan dari dalam Kampus IAIN Tulungagung.

Seminar Nasional Perbankan Syariah yang bertemakan “Roadmap Perbankan Syariah Indonesia 2015-2019 Menuju Pusat Keuangan Syariah Dunia” ini diisi oleh tiga narasumber antara lain: Bapak Mulyanto dari Otoritas Jasa Keuangan wilayah Karesidenan Kediri, Bapak M. Timur Heru Ansori praktisi Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang Kediri, dan Bapak Ahmad Ifham Sholihin founder ILBS grup (Ini Lho Bank Syariah), DPP ikatan Ahli Ekonomi Islam,Penulis Buku Ekonomi dan Perbankan Syariah.

Pada hari yang sama pula bersamaan dengan Seminar Nasional dilaksanakan acara Donor Darah yang dilakukan di Meeting Room FEBI lantai 1 yang diikuti puluhan mahasiswa dari IAIN Tulungagung. Pada siang hari tepatnya pukul 13.00 WIB dilaksankan pembukaan Bazar Mahasiswa. Bazar Mahasiswa diikuti oleh 23 kelas Jurusan Perbankan Syariah mulai dari semester I hingga semester V. Dalam bazar yang berlangsung selama tiga hari (19-21 Oktober 2017) ini masing-masing stand menyajikan berbagai macam olahan makanan mulai dari kudapan ringan hingga makanan berat serta berbagai minuman hasil kreativitas mahasiswa Jurusan Perbanakan Syariah.

Hari kedua pelaksanaan Islamic Banking Festival, Jumat 20 Oktober 2017, dibuka dengan kegiatan Recycle Handycraft Competition yakni lomba mendaur ulang barang yang sudah tidak terpakai menjadi produk kerajinan yang memiliki utilitas dan nilai jual. Recycle Handycraft Competition ini diikuti oleh 10 kelompok, dimana masing-masing kelompok berisi dua orang yang berasal dari mahasiswa jurusan perbankan syariah semester III dan V. Dalam acara Recycle Handycraft Competition ini juga dimeriahkan dengan pentas seni mahasiswa jurusan perbankan syariah semester III dan semester Vdan tak lupa Ketua Jurusan Perbankan Syariah Bapak Muhammad Aqim Adlan, M.E.I yang juga turut memeriahkan dengan menyumbangkan suara emasnya di penghujung acara.

Acara dilanjutkan Recycle Fashion Show, yakni peragaan busana yang mana terbuat dari barang tidak terpakai. Recycle Fashion Show diikuti oleh 10 peserta yang berasal dari siswa SMA/MA/SMK, mahasiswa IAIN Tulungagung, serta masyarakat umum. Dalam Recycle Fashion Show dipilih tiga peserta terbaik yang mana berhasil diborong oleh mahasiswa IAIN Tulungagung.

Hari ketiga Islamic Banking Festival 2017, 21 Oktober 2017 dibuka dengan kegiatan Festival Band. Festival band sendiri diikuti oleh 8 grup band yang berasal dari luar dan dalam kampus IAIN Tulungagung. Acara Islamic Banking Festival di tutup dengan Malam Puncak iB Festival yang diisi oleh musisi-musisi lokal dan guest star diantaranya Noval KDI, Shinta Carrera, DJ Ken, dan Papermint Band. Sebelum penampilan bintang tamu utama ada sambutan dari Sekretaris Jurusan Perbankan Syariah Ibu Binti Nur Asiyah, M.Si, beliau berpesan kepada seluruh mahasiswa FEBI khususnya Perbankan Syariah untuk selalu meningkatkan kreatifitas dalam kegiatan kemahasiswaan, sehingga event seperti ini bisa menjadi agenda tahunan jurusan Perbankan Syariah. Pada malam puncak ini juga diumumkan para pemenang dari kegiatan sebelumnyayang diserahkan oleh beliau langsung. Tepat pukul 21.00 WIB sebelum penampilan Guest Star ada Launching grup dance FEBI yakni Bee-Squad Dancer yang merupakan wadah bagi mahasiswa FEBI untuk mengekspresikan bakatnya di bidang dance. Acara pun berlanjut dengan penampilan DJ Ken & Papermint Band yang memecahkan suasana dengan alunan lagu yang dibawakan mereka, serta dengan penampilan yang sangat memukau sehingga para penonton pun ikut berjoget mengikuti suasana. Pesta kembang api pun menjadi simbol penutupan acara Islamic Banking Festival 2017.