Seminar Pasar Modal Syariah: Meningkatkan Pemahaman dan Minat Investasi Mahasiswa FEBI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Tulungagung, 25 Mei 2023. Bertempat di Aula Gedung Perpustakaan lantai 5. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU) menyelenggarakan Seminar Pasar Modal Syariah program studi Manajemen Keuangan Syariah dengan tema "Analisa Saham Syariah Menumbuhkan  Semangat Investasi Bagi Mahasiswa".

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa program studi Manajemen Keuangan Syariah semester 2 dan 4. Diharapkan dengan diselenggarakannya Seminar Pasar Modal Syariah ini, dosen dan mahasiswa dapat memahami tentang Pasar Modal Syariah tidak hanya sebatas teori akan tetapi juga mampu mengaplikasikan dalam praktik. Mengingat masih rendahnya pemahaman praktek trading Pasar Modal Syariah pada mahasiswa FEBI menjadi alasan pentingnya pelaksanaan pelatihan Pasar Modal Syariah dengan  mengundang tiga narasumber yang sangat luar biasa, yaitu dari Bursa Efek Indonesia (BEI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan PT. Phintraco Sekuritas yang merupakan perusahaan sekuritas mitra UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Pemateri dari Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu Ibu Dewi Sriani Rihantyasni selaku Kepala Kantor Perwakilan BEI Jawa Timur. Pemateri dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu Ibu Hurin Nur Izzah selaku Kepala Subbagian Pengawasan Modal OJK Kediri). Dan pemateri dari PT. Phintraco Sekuritas yaitu Bapak Fajar Imanuddin selaku Trainer Phintraco Sekuritas.

Kesempatan yang istimewa ini sedikit berkurang karena Bapak Dekan FEBI, Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag. berhalangan hadir karena ada tugas dan agenda lain. Seminar nasional ini dibuka oleh Bapak Dr. Muhammad Aswad, S. Ag., M.A Selaku Ketua Jurusan Manajemen dan Bisnis. Untuk kelancaran dan keberjalanan acara ini, Direktur Galeri InvestasiSyariah, Dr. Deny Yudiantoro, S.AP., S.Pd., MM diminta untuk menjadi moderator karena beliau ahlinya dalam Pasar Modal Syariah.

Materi yang pertama dibawakan oleh Ibu Hurin Nur Izzah dari OJK. Beliau membahas mengenai tugas dari OJK sendiri dan memaparkan lembaga-lembaga keuangan yang diawasi oleh OJK. Beliau juga menuturkan pentingnya menjaga privasi ketika menggunakan aplikasi agar data pribadi kita tidak disalahgunakan. Materi yang kedua disampaikan oleh Ibu Dewi Sriani Rihantyasni dari BEI. Beliau menyampaikan pentingnya kita untuk memahami investasi. Beliau menjelaskan mengenai saham-saham syariah, seperti perusahan yang seperti apa yang bias menjual saham syariah dll. Pemateri ketiga yaitu Bapak Fajar Imanuddin dari PT. Phintraco Sekuritas. Beliau memaparkan materi mengenai bagaimana menganalisis saham baik analisis teknikal maupun analisis fundamental. Beliau juga menjelaskan bagaimana sistem aplikasi Phintraco yang dapat digunakan untuk transaksi jual beli saham.

Foto bersama panitia dan narasumber.

Foto penyampaian materi oleh OJK.

Foto penyampaian materi oleh BEI.

Foto penyampaian materi oleh PT. Phintraco Sekuritas.

Foto Penyerahan Sertifikat Pemateri kepada OJK.

Foto Penyerahan Sertifikat Pemateri kepada BEI.

Foto Penyerahan Sertifikat Pemateri kepada PT. Phintraco Sekuritas.