Grand Final Pemilihan Duta FEBI Tahun 2023 UIN Sayyid Ali Rahmatulllah Tulungagung

Tulungagung, 3 Juni 2023. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung kembali menggelar pemilihan Duta FEBI tahun 2023 dengan mengusung tema “To shape an outstanding personality and become an integral faculty”. Pelaksanaan pemilihan Duta FEBI 2023 melalui beberapa tahapan. Dimulai dari tahap pendaftaran yang dilaksanakan pada tanggal 10 sampai dengan 23 Mei 2023, dilanjutkan dengan Seleksi Tahap 2 meliputi rangkaian Tes Tulis, Tes Wawancara, Tes Bakat, dan Tes BTQ pada hari Jumat, 26 Mei 2023. Para peserta yang lolos pada Seleksi Tahap 2 kemudian melanjutkan Tahap Karantina selama 2 hari. Lalu ditutup dengan acara utama yaitu Grand Final Pemilihan Duta FEBI 2023 pada hari ini, Sabtu 3 Juni 2023.

Peserta yang masuk ke dalam Grand Final Pemilihan Duta FEBI 2023 adalah mahasiswa dan mahasiswi terbaik di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, yang terdiri dari sepuluh pasang peserta mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai program studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Diantaranya  Program Studi Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Akuntansi Syariah, Manajemen Bisnis Syariah,  Manajemen Keuangan Syariah, dan Pariwisata Syariah.

Penilaian pada tahap akhir Pemilihan Duta FEBI 2023 ini tediri dari attitude, grooming, keluasan wawasan yang dimiliki oleh para finalis, kemampuan public speaking, dan juga ketepatan dalam menjawab pertanyaan baik dalam sesi FGD maupun QnA dari para Dewan Juri. Acara Grand Final Pemilihan Duta FEBI 2023 ini dibuka oleh Master of Ceremony dikarenakan Wakil DekanIII Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni, sedang berhalangan hadir. Acara dapat terlaksana denganlancar serta meriah dengan dukungan dari panitia pelaksana yaitu Paguyuban Duta FEBI 2022 yang berkolaborasi dengan Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dewan juri pada Grand Final Duta FEBI 2023 kali ini adalah Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama, dan Alumni, Bapak  Dr. Sutopo, M.Pd, didampingi oleh Firda Zulfa Fahriani, M.Sy. sebagai juri 2, Ulfi Nurfaiza, M.Sos. sebagai juri 3, dan Muhammad Addin Izlah, S.E sebagai juri 4. Penilaian dari dewan juri pertama dan keduamenekankan pada wawasan, pengetahuan, serta attitude finalis. Dewan juri ketiga adalah Ibu Ulfi Nurfaiza, M.KoM.merupakan DosenKomunikasi Penyiaran IslamUIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang juga menjadi presenter TVRI Jawa Timur. Dalam grandfinal ini, beliau menekankan penilaian terhadap public speaking finalis saat menjawab pertanyaan pada Forum Group Discussion TOP 6 maupun TOP 3 dengan mempertimbangkan bobot jawaban, keseuaian jawaban maupun penyampaian poin dari finalis Duta FEBI 2023. Juri ketiga pada Grand Final Duta FEBI 2023 adalah M. Addin Izlah S.E. dengan berbagai prestasinya dibidang peagent sehingga penilaian beliau lebih menekankan pada look dan grooming Finalis Duta FEBI 2023. Hasil dari acara Grand Final Pemilihan Duta FEBI 2023 ini yaitu Juara 1 sekaligus menjadi Duta FEBI 2023 diraih oleh Ananda Muhammad Faiz Azhabi dari program studi Manajemen Keuangan Syariah dan Ananda Lailatul Ima Fatmawati dari program studi Akuntansi Syariah. Menempati posisi sebagaiWakil 1 yaitu Ananda Bibin Imam Kalyubi dari program studi Ekonomi Syariah dan Ananda Eva Noviaizati dari program studi Manajemen Bisnis Syariah. SedangkanWakil 2 Duta FEBI 2023 diraih oleh Ananda Muhammad Melvin dan Ananda Ajeng Averonika Kirana Basuki yang keduanya dari Program Studi Perbankan Syariah. Dan juara favorit Duta FEBI 2023 disandang oleh Ananda Nadim Rifki dari Program Studi Perbankan Syariah dan Ananda Titalia Ayumazah dari program studi Ekonomi Syariah. Ke depan, orientasi pemilihan Duta FEBI tahun 2023 ini diharapkan mereka yang terpilih juga bisa ikut di ajang lomba Duta di tingkat Kabupaten maupun Provinsi, seperti halnya Duta FEBI sebelumnya. Dengan terselengaranya Grand Final Duta FEBI 2023 berakhir pula serangkaian acara BEST ACTION yang menjadi program kerja Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Foto-foto suasana pemilihan duta FEBI 2023.