Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di FEBI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung: Pendalaman Materi dan Prosedur Penempatan PPL Gelombang 1 Tahun 2023

Tulungagung, 12 Juni 2023. Pelaksanaan Mata Kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dimulai pada pertengahan Juni 2023 ini. Setelah melalui proses pendaftaran mahasiswa PPL pada Laboratorium FEBI yang dikepalai oleh Dr. Moh. Rois Abin, M.Pd.I hari ini berprogres ke kegiatan selanjutnya yaitu Pendalaman Materi PPL Gelombang 1 tahun 2023. PPL Gelombang 1 ini akan diadakan mulai tanggal 13 Juni 2023 hingga tanggal 20 Juli 2023. Sekitar 40 hari mahasiswa akan menjadi staf pada 122 lembaga yang tersebar pada 16 kabupaten dan kota di Jawa Timur.

Pada sambutannya Dekan FEBI, Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag. mengutarakan pesannya kepada seluruh mahasiswa peserta PPL dan dosen pembimbing lapangan (DPL) untuk dapat menjunjung tinggi nilai-nilai yang dianut FEBI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung sehingga harkat dan martabat instansi ini akan terus terjaga. Beliau juga berpesan untuk semangat belajar di tempat masing-masing baik budaya maupun pengetahuan di dalamnya. Beliau menambahkan jika memerlukan waktu yang lebih intensif, fasilitas dapat memberikan ruang-ruang baik daring maupun luring untuk 7 koorprodi di lingkungan FEBI menjelaskan dan memahamkan mengenai koor keilmuan masing-masing prodi yang harus dipelajari mahasiswa di tempat PPL.


Sambutan dari Dekan FEBI di atas juga merupakan pertanda dimulainya acara ini. Turut hadir dalam acara ini seluruh koorprodi di FEBI. Mereka hadir dalam acara ini sebagai narasumber dan pembimbing agar dapat memberikan masukan dan saran sekaligus kepada semua mahasiswa prodi yang akan melakukan PPL. Di forum ini beliau-beliau menjelaskan bahwa tempat PPL ini tidak boleh sembarangan dan ada aturan yang khusus dari masing-masing prodi. Hal ini dilakukan agar tempat yang dijadikan PPL merupakan tempat yang berkompeten untuk memberikan bimbingan ilmu dan pengalaman yang sesuai dengan capaian pembelajaran lulusan (CPL) masing-masing prodi. Jadi perlu digarisbawahi bahwa dalam hal ini bukan laboratorium yang melarang-larang mahasiswa untuk mengambil tempat, namun pedoman kurikulum dan CPL masing-masing prodi menjadi acuan dalam penerimaan tempat magang atau PPL.

Situasi saat pelaksanaan Pendalaman Materi PPL Gelombang 1