Ajang Temu Pengelola Desa Wisata, Asosiasi Desa Wisata Indonesia dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tulungagung di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Tulungagung, 25 Juli 2023. Bertempat di Ruang Pertemuan Lantai 3 Gedung Saifudin Zuhri. Program Studi Pariwisata Syaraih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Halal Tourism dengan mengusung tema "Sinergitas Kelembagaan dan Branding Desa Wisata Menuju Wisata Ramah Muslim". Dalam sambutannya, Koordinator Prodi Pariwisata Syariah bapak Dedi Suselo, S.E., M.M menyampaian bahwa FGD ini sebagai langkah awal untuk menjalin kerjasama yang kuat antara Prodi Pariwisata Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan para pengelola desa wisata serta asosiasi yang berada dibawah Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 


Kegiatan ini diikuti oleh 50 pengelola desa wisata yang ada di wilayah Tulungagung. Kesempatan yang istimewa ini juga semakin bernilai dengan kehadiran Bapak Dekan FEBI, Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag. Beliau sangat antusias dengan kegaitan seperti ini dapat berlanjut dengan kerjasama yang kuat antara lembaga dan mitra untuk pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. 


Dalam kegiatan ini dihadirkan sebagai Narasumber adalah bapak Andi Yuwono, S.Sos., M.SI selaku ketua Asosiasi Desa Wisata Indonesia (ASIDEWI) dan Ibu Endang Sirtupilaeli yang mewakili disparbud kabupaten Tulungagung. Dalam Acara tersebut menghasilkan beberapa diskusi penting diantaranya:
1. Dukungan mitra untuk mensukseskan pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi dalam pelaksanaan MBKM
2. Bersinergi dalam mewujudkan desa wisata menuju wisata ramah muslim, serta
3. Mendorong pemerintah daerah untuk segera menyusun aturan pelaksanaan wisata ramah muslim     

Dalam kegiatan ini, Asidewi sebagai asosiasi yang bermitra dengan kemenparekraf juga siap untuk mendukung pelaksanaan kurikulum MBKM di prodi pariwisata syariah FEBI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Bapak Andi meminta untuk segera menyusun proposal keikutsertaan mahasiswa prodi parsya dalam program-program yang dimiliki Asidewi dengan Kemenparekraf. Momen ini langsung ditangkap oleh FEBI melalui penandatanganan MoU oleh Asidewi dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.