FEBI UINSATU Menyelenggarakan Kegiatan “FGD Aplikasi Kuantitatif: Data Envelopment Analysis (DEA) & Free Disposal Hull (FDH)” Sebagai Upaya Meningkatkan Karya Dosen Dan Mahasiswa

Surabaya, 20 September 2023-Fakultas ekonomi dan bisnis Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung menyelenggarakan kegiatan FGD Aplikasi Kuantitatif: Data Envelopment Analysis (DEA) dan Free Desposal Hull (FDH). Kegiatan tersebut dilaksakan pada tanggal 20, 21, 22 September 2023 di Hotel Platinum Tunjungan Surabaya. DEA dan FDH merupakan tool/ alat yang digunakan dalam mengolah data agar menghasilkan informasi dan memberikan keputusan yang tepat untuk pengembangan tema terkait penelitian. Focus Group Discussion dilakukan untuk memberikan cakrawala pengetahuan dan ketrampilan bagi bapak ibu dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung tentang aplikasi DEA dan FDH. Harapannya dengan dimilikinya pengetahuan dan ketrampilan terkait, maka dosen mampu menyampaikan informasi ini dan memberikan bimbingan kepada mahasiswa. Ragam pengetahuan tentang aplikasi DEA dan FDH bagi mahasiswa akan menghasilkan karya yang lebih variatif sehingga output dan outcome hasil penelitian dan karya tulis ilmiah dosen dan mahasiswa secara lebih banyak.

     Pentingnya dilakukan pelatihan ini secara menyeluruh tidak hanya sekedar tahu. Karena pengetahuannya terkait aplikasi belum mampu memberikan dampak bagi outcome dosen maupun mahasiswa berupa karya tulis ilmiah. Seperangkat ketrampilan mengolah data, memetakan setiap hasil penelitian agar siap dan tepat diolah dengan menggunakan DEA dan FDH. Ketrampilan dilakukan mulai praktik mengidentifikasi data, hingga input data yang tepat terkait indikator input dan output. Hal ini masuk pada tujuan penelitian yang berbasis efisiensi. Tidak hanya itu, praktik mengolah data setelah inputing data selesai. Ketrampilan memilih setiap akun pada aplikasi DEA dan FDH menjadi kunci ketepatan penggunaan aplikasi sehingga bisa menghasilkan result pengolahan data yang tepat. Pengetahuan ini diimbangi dengan membaca hasil olah data DEA dan FDH agar bisa memberikan kesimpulan terhadap pengolahan data yang baik. Hasil pembacaan olah data akan menghasilkan masukan-masukan dan rekomendasi yang tepat agar hasil penelitian mampu dipijakkan pada realitas pengelolaan suatu lembaga berbasis efisiensi, produktifitas maupun komparatif.
     Koordinator pelaksana kegiatan adalah prodi Ekonomi Syariah. Narasumber Kegiatan FGD Aplikasi Kuantitatif: Data Envelopment Analysis (DEA) DAN Free Disposal Hull (FDH) antara lain: Prof. Dr. Tika Widiastuti, S.E., M.Si.(Wakil Dekan 1 Fakultas Vokasi Universitas Airlangga Surabaya sebagai narasumber FGD Aplikasi Kuantitatif DEA dan Eka Puspa Dewi, S.E., M.SEI. (Tim Peneliti Universitas Airlangga Surabaya) sebagai narasumber FGD Aplikasi Kuantitatif FDH Peserta kegiatan itu diikuti oleh 50 peserta, 49 peserta dari UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dan 1 peserta dari STAI Al Fithrah Surabaya. Pelaksanaan Kegiatan FGD Aplikasi Kuantitatif: Data Envelopment Analysis (DEA) DAN Free Disposal Hull (FDH) diawali dengan pembukaan. Pembukaan dipimpin oleh MC ibu Firda. Susunan acara pembukaan diantaranya pembukaan, menyanyikan lagu indonesia raya, dan Mars UIN SATU Tulungagung. Pembacaan ayat suci alqur’an dikumandangkan oleh bapak Miftakhul Huda. Berikutnya sambutan disampaikan oleh Wakil Dekan 1 FEBI UINSATU Tulungagung. Doa dibacakan oleh Dr. Suminto, M.Pd.I.
     Berikutnya dimulai FGD aplikasi kuantitatif materi pertama disampaikan oleh Prof. Tika Widiastuti, S.E, M.Si. tentang Data envelopment Analysis (DEA), dan lanjut install aplikasi DEA dan FDH.  Pada malam harinya dilengkapi dengan penjelasan tentang aplikasi DEA, yaitu tentang sejarah penggunaan DEA, metodologi DEA. DEA digunakan untuk melihat komparasi/kompetetif dan analisis efisiensi dengan melihat input dan output. Dengan input yang tetap, maka diharapkan bisa menghasilkan output yang maksimal.  Materi disampaikan tentang limitasi DEA yaitu sensitif, keterbatasan data, tidak membeirkan analisa penyebab kinerja buruk, kecenderungan skala, masalah output mendekati nol, dan interpretasi hasil. Lebih dari itu tentang Algoritma DEA.

Pertanyaan:

Prof Agus: Pernah gak menyelesaikan dengan kasus dengan excell?
Rohmat: aplikasi dia harus ada fungsi matematis, fungsi constrain? Ini menjadi keyword. Ketika membuat fungsi persamaan tidak tepat? Jawab: basis nya bukan matemati, by aplikasi sudah bisa. Titik kritis jastifikasi dari input dan output.  Untk mengukur performa.
Ali: ini masuk pendekatan deskriptif kualitatif, atau kuantitatif?  Kasih sebuahh contoh.. Jawab: ANP beberapa paper, kualitatif atau kuantitif. Menurut saya kembali ke data. Kuantitatif mengeneralisasi. Selama bisa dibentuk populasi, maka bisa disebut kuantitif. Bisa ditambahkan hipotesis.

Dipaparkan proses membaca analisis DEA pada sebuah paper.




Gambar . Pemaparan oleh Prof. Tika Widiastuti, S.E, M.Si. tentang Data envelopment Analysis (DEA)

 

     Dilanjutkan materi tentang praktik DEA & FDH, diantaranya memetakan input dan output variabel. Dilanjutkan dengan praktik penggunaan aplikasi Banxia dan MaxDea. Kegiatan FGD Aplikasi Kuantitatif: Data Envelopment Analysis (DEA) dan Free Desposal Hull (FDH) ditutup langsung oleh Rektor UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dalam sambutannya rektor menekankan bahwa basis data itu penting untuk memberikan informasi yang valid bagi pengambilan kebijakan.

 


Gambar. Peserta FGD 
 


Gambar. Penutupan Acara FGD Bersama Rektor UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung 
Prof. Dr. Maftukhin, M.Ag