PELATIHAN MANASIK HAJI MAHASISWA FEBI IAIN TULUNGAGUNG

(Tulungagung) Rabu, 27 Mei 2015, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung melaksanakan kegiatan Pelatihan Manasik Haji. Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 WIB ini bertempat di lantai 4 gedung Pascasarjasa dan menghadirkan Narasumber HM. Fatullah, M.Pd.I dan Drs. H. Sokib Asnawi yang merupakan Tim Haji dari Pondok Pesantren Assalafiah – Assafi’iyah Panggung – Tulungagung . Kegiatan Pelatihan Manasik Haji ini diikuti oleh  mahasiswa FEBI semester 2 sebanyak kurang lebih 700 orang.

Ibadah Haji merupakam perjalanan spiritual yang diperintahkan oleh Allah SWT. Dalam pelaksanaannya, jamaah haji harus memahami ilmu manasik haji. Manasik haji bertujuan untuk melatih diri agar kita mengetahui apa saja yang harus dilakukan selama menunaikan ibadah haji di tanah suci. Bagi mahasiswa pengetahuan tentang manasik haji ini sangat penting sebagai bekal pengetahuan dan kemampuan sebelum benar-benar terjun ke masyarakat. Bagaimanapun, asumsi masyarakat akan beranggapan bahwa mahasiswa dan lulusan IAIN Tulungagung akan dianggap lebih tahu dan paham tentang praktek-praktek keagamaan.

Dalam kegiatan pelatihan manasik haji ini, seluruh mahasiswa diberikan bekal teori pengenai pelaksanaan ibadah haji. Selanjutnya seluruh peserta diajak untuk mempraktekkan langsung dengan simulasi kegiatan manasik haji mulai dari niat haji, tata cara pemakaian baju ihram, tata urutan pelaksanaan ibadah haji, dan-lain-lain. Dengan demikian, diharapkan mahasiswa menjadi lebih pahan dan mengerti mengenai tata cara dan urutan pelaksanaan ibadah haji.. <Hazet>