MUSYAWARAH WILAYAH - FORUM NASIONAL MAHASISWA EKONOMI DAN BISNIS ISLAM (FORNAS MEBI) JAWA TIMUR

(TulungagungFEBI) Pada tanggal 28-30 September 2017 DEMA FEBI IAIN Tulungagung sukses menjadi tuan rumah penyelenggaraan Musyawarah Wilayah Forum Nasional Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam (FORNAS MEBI) Jawa Timur.Agenda akbar ini bertemakan “Islamic Generation of Leader Economic”, maksudnya adalah sebagai mahasiswaFakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) sudah seharusnya bangkit menjadi garda terdepan dalam hal penggagas sistem, pengawal perekonomian, dan pelaku eknomi yang berorientasi kemaslahatan umat sesuai tuntunan syariah.

  

Agenda ini dibuka pada 28 September 2017 yang dihadiri oleh pejabat kampus, ketua jurusan se-FEBI, dosen, 24 tamu undangan dari kampus PTKIN se-Jatim, dan mahasiswa jurusan Manajemen Bisnis Syariah(MBS)dan Manajemen Keuangan Syariah(MKS). Dalam sambutannya di pembukaan MUSWIL ini, Muhtar Rifai selaku Ketua DEMA FEBI IAIN Tulungagung, mengucapkan terima kasih kepada hadirin yang telah mempercayakan IAIN Tulungagung sebagai tuan rumah dan merupakan keistimewaan yang luar biasa karena acara baru pertama kali di gelar. “Semoga acara Muswil ini berjalan dengan lancar, dapat menjadi media silaturrahim sekaligus penyambung ide-ide kreatif dan inovatif dari seluruh mahasiswa FEBI Jawa Timur, dan juga di hari yang bersejarah ini nantinya terbentuk suatu kepengurusan yang disepakati, memiliki visi-misi jelas, membawa keberkahan di dunia dan akhirat”.

Pada  sambutan selanjutnya oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung, bapak Dr. H Dede Nurohman, M.Ag., “Dalam pembentukan pengurus nanti sepantasnya kader-kader harus terus bergerak membawa organisasi FORNAS MEBI ini ke arah yang sesuai dinamika zaman, menjadi organisasi yang berkembang dengan baik bisa di terima oleh masyarakat akademisi dan masyarakat umum serta mampu memberikan manfaat dikalangan rakyat khususnya mahasiswa FEBI se-Indonesia, jangan sampai hari bersejarah ini hanya sampai  disini saja, jadi nanti harus punyaoutput yang jelas dan agar organisasi ini berkembang baik nasional maupun internasional.” tuturnya.

  

Dalam acara yang berlangsung tiga hari ini, sebagai rangkaian acaranya yakni Kuliah Umum dan pentas seni yang dibawakan oleh mahasiswa jurusan Manajemen Keuangan Syariahdan Manajemen Bisnis Syariah. Kuliah umum langsung dibawakan oleh Bapak Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag selaku Dekan FEBI. Beliau membawakan materi tentang Globalisasi, Ekonomi Islam, dan Peran Mahasiswa. Dapat diambil kesimpulan bahwa Ekonomi Islam memiliki sistem yang adil dan membawa kemaslahatan umat, hal ini seharusnya dijadikan frame dalam menghadapi pesatnya globalisasi yang memiliki bermacam dampak. Terlihat jelas bahwa mahasiswa memiliki peluang dan tantangan disana, ingin larut dalam alunan global atau bergerak kearah dalam perubahan.

Hari Jum’at, 29 September 2017 dilaksanakan musyawarah yang terbagi atas pemilihan presidium sidang, pembacaan tata tertib sidang, pembacaan GBHO-GBHK, dan pemilihan ketua FORNAS MEBI wilayah Jawa Timur. Sidang ini dipandu langsung oleh Dewan Presidium Nasional FORNAS MEBI dari kampus UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta yakni sahabat Khairul Wafa. Sidang yang berlangsung hingga tengah malam ini membuahkan hasil yakni pada perubahan/tambahan GBHO-GBHK dan tepat pukul 22.34 WIB terpilih Sahabat Furqon Fanani dari UIN Sunan Ampel Surabaya sebagai ketua FORNAS MEBI Jawa Timur. Sedangkan IAIN Tulungagung mendapat amanah menjadi ketua departemen pengkaderan dan pemberdayaan SDM.

 

Sebagai penghapus rasa lelah selama musyawarah, Sabtu 30 September 2017 panitia dan 22 peserta sidang bertolak menuju pantai Gemah yang tenar sebagai salah satu icon wisata di Tulungagung seusai menghadiri acara taaruf HMJ Perbankan Syariah di aula Gedung Saifuddin Zuhri. Penutupan agenda dilaksanakan pukul 16.00 WIB. Dalam kesempatannya Furqon Fanani menuturkan,” Terimakasih untuk seluruh sahabatku dari kampus se-Jawa Timur, khususnya sahabat Muhtar Rifai dari DEMA FEBI IAIN Tulungagung yang telah bersedia menyelenggarakan muswil ini semoga silaturrahim ini terus kita jalin, dan mohon kepada semua untuk saling membantu karena ini semua demi kebaikan FORNAS MEBI sendiri khususnya Jawa Timur, SALAM MAHASISWA.”