Workshop Business Canvas Model dan Uji Kompetensi Sukses Digelar

Tulungagung, 13 November 2019 - Bertempat di Auditorium gedung Arief Mustaqim telah diselenggarakan acara pembukaan Workshop Business Canvas Model dan sekaligus pembukaan kegiatan Uji Kompetensi SKKNI BNSP yang mendatangkan Asesor dari LSP MWPM (Manajemen Wirausaha dan Produktifitas Merdeka) Malang. Acara tersebut merupakan bagian dari acara besar PES 2019 (Pekan Ekonomi Syariah) yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung. Workshop Business Canvas Model adalah pelatihan perencanaan bisnis yang dilakukan dengan membuat peta konsep pengelolaan bisnis mulai dari survei kelayakan bisnis, segmentasi pasar, manajemen bisnis, pengelolaan keuangan, nilai dari produk, branding, hingga evaluasi bisnis.

Sambutan pertama dari Dekan FEBI Bapak Dr. H. Dede Nurrohman, M.Ag., beliau menyampaikan bahwa antusiasme mahasiswa untuk mendaftar dan mengikuti workshop sangat tinggi. “Tidak kurang dari 421 mahasiswa yang mendaftar, padahal kuota yang disediakan hanya 100 peserta.” tutur beliau. Dan untuk mengakomodir jumlah yang tersisa, diikutkan dalam kegiatan Uji Kompetensi.

Sambutan kedua oleh Pimpinan LSP Bapak Prof. Dr. Bonaventura Ngarawula, M.S., beliau mengatakan "Untuk apa uji kompetensi?", pertanyaan tersebut disampaikan di hadapan para hadirin dan mahasiswa yg hadir. "Setidaknya ada dua hal yang mendasar, yang pertama adalah bahwa sasaran program dari pemerintah adalah SDM unggul, maka tentu saja dimulai dari mahasiswa yang berkompeten yang dibuktikan dengan diuji, yang kedua adalah sebagai SKPI bagi mahasiswa.” pungkas beliau. Sambutan terakhir dari Bapak Dr. H. Abd Azis M.Pd., beliau berharap kerjasama dengan LSP bisa semakin ditingkatkan lagi.

Setelah acara pembukaan berakhir, peserta yang mengikuti workshop business canvas model tetap di Auditorium untuk melanjutkan acara dari paparan narasumber hingga praktik dan peserta uji kompetensi menuju ruang masing-masing untuk melaksanakan uji kompetensi tersebut. (dis)