Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama: Dosen FEBI UIN SATU Harus Berpikir Kritis & Keluar Zona Nyaman

Prof. Dr. Suyitno, M.Ag (Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama) hadir sebagai narasumber dalam Rapat Kerja 2024 FEBI UIN SATU Tulungagung. Tepatnya pada malam hari, Senin pukul 19.30 WIB tanggal 29 Januari 2024.
 
Ditengah kesibukan beliau, menegaskan tentang harus berpikir kritis dengan masa depan pendidikan di Perguruan Tinggi. Terdapat disparitas yang jauh dari kebutuhan perguruan tinggi, karena kita berada dalam zona nyaman lebih berorientasi pada administrasi belum pada akademik. FEBI UIN SATU tulungagung, harus berani keluar dari zona nyaman dengan melakukan inovasi baik pada prodi maupun mata kuliah terlebih mendorong mata kuliah berbasis riset. Dengan Demikian, FEBI UIN SATU dapat menjawab tantangan zaman dengan kebutuhan yang terus berubah.
FEBI dalam PTKIN memiliki animo mahasiswa yang paling besar, jika dibandingkan dengan Fakultas lain dan selalu dilahirkan dari rahim kampus yang sudah mapan seperti IAIN bahkan menuju UIN. Dapat dikatakan FEBI UIN SATU ini sebagai BUMN UIN yang memiliki otoritas menjual UIN dari sisi Ekonomi. Maka, sekali lagi kata kuncinya adalah harus memiliki “Inovasi”, satu diantaranya adalah menghadirkan perpekstif pemberdayaan ekonomi. Seperti halnya hari ini Rapat Kerja di kawasan wisata Bromo, bagaimana kemudian FEBI UIN SATU bisa melakukan pemberdayaan melalui prodi pariwisata syariah di kawasan bromo dengan nilai-nilai religi yang benar.